Pada tanggal 05 November 2019 bertempat di SMA Srijaya Negara Palembang, Tim Pengabmas Prodi D4 Keperawatan melakukan pengabdian masyarakat di SMANegara Palembang. Tim diketua oleh Sukma Wicaturatmashudi, S.Kp.M.Kep.Sp.KMB dengan anggota Prahardian Putri, S.Kp, M.Kes dan Eva Susanti, S.Kep.Ns, M.Kep. Tim juga melibatkan mahasiswa Prodi D4 semester V yang berjumlah 3 orang.

Pengabdian masyarakat adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh setiap dosen sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabmas juga merupakan syarat wajib terpenuhinya beban kerja dosen agar dapat mendapatkan tunjangan profesi dosen. Pengabmas yang dilakukan mengambil tema “Ibm – Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Terhadap Tindakan Kedaruratan Melalui Pelatihan Penanganan Sumbatan Jalan Nafas Bagi Kader PMR Di SMA Srijaya Negra  Palembang “. Peserta pengabmas adalah adik-adik Kader Paleng Merah Remaja SMA Srijaya Negara Palembang.

Tema ini dipilih karena angka kejadian choking atau sumbatan jalan nafas oleh benda padat cukup tinggi dimasyarakat sehingga diharapakn kader-kader PMR bisa melakukan pertolongan pertama sebelum bantuan tim kesehatan datang ke lokasi. Pertolongan pertama penting mengingat jika ada keterlambatan akan berakibat fatal bagi korban.

Pengabmas diawali dengan pembukaan bersama dengan guru penanggung jawab PMR yang kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang pertolongan pertama pada kasus sumbatan jalan nafas yang diberikan oleh Bapak Sukma Wicaturatmashudi, S.Kp.M.Kep.Sp.KMB. Setelah paparan diteruskan dengan tanya jawab. Siswa kader PMR sangat antusias bertanya dan berdiskusi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi penanganan sumbatan jalan nafas dengan teknik heimlich manuever, abdominal trust, chest trust dan back blow. Siswa kader PMR kemudian melakukan redemonstrasi dengan bimbingan ibu Prahardian Putri, S.Kp, M.Kes dan Eva Susanti, S.Kep.Ns, M.Kep. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. 

(Reported by : Sukma)

Leave a Comment

two × three =