Bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang mengadakan Workshop Pengembangan kurikulum Program Studi D3 Keperawatan. Kegiatan workshop ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 April 2019 dan dibuka oleh Ketua Satuan Pengendalian Internal Poltekkes Kemenkes Palembang ibu Dra. Sarmalina Simamora, Apt, M.Kes. Narasumber dalam workshop ini adalah bapak Heru Supriyatno, MN (Ketua Bidang Diklat Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia) dan peserta terdiri dari semua dosen yang ada di Prodi D3 dan D4 Keperawatan Palembang, perwakilan dosen Prodi D3 Keperawatan Baturaja, Lubuklinggau dan Lahat, Subbag Akademik, Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Palembang serta organisasi profesi dan stakeholders.

Pembahasan dalam Workshop Pengembangan kurikulum Program Studi D3 Keperawatan yang berlangsung selama dua hari sangat bermanfaat bagi semua program studi yang ada di jurusan keperawatan Palembang, dengan adanya workshop ini setiap program studi mengidentifikasi dan meninjau kembali kurikulum dan mata kuliah yang telah digunakan pada tahun akademik sebelumnya. Selain itu peserta dari organisasi profesi dan stakeholder yang hadir sangatlah antusias mengikuti kegiatan workshop ini,  mereka banyak memberikan masukan terkait pengembangan kurikulum yang akan diterapkan di prodi D3 keperawatan dan mendeskripsikan pengalaman dalam membimbing mahasiswa di Lahan Praktek.

Dari kegiatan workshop ini dicapai hasil terbentuknya buku kurikulum dan bahan kajian Tahun Akademik 2019/2020 dengan  menambahkan empat mata kuliah yang rencana akan diterapkan pada tahun akademik 2019/2020 yakni penambahan Mata kuliah keperawatan perioperatif dengan bobot 3 SKS, keperawatan komplementer dengan bobot 2 SKS, bahasa inggris II dengan bobot 2 SKS, keperawatan komunitas kelompok khusus dengan bobot 3 SKS. Selain itu masukan dari organisasi profesi dan stakeholder, hendaknya Program Studi D3 keperawatan mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan judul profesi keperawatan,  PPI, kebijakan pemerintah tentang kesehatan, health nurse. Dengan diselenggarakannya kegiatan workshop ini diharapkan dapat memperkuat substansi kurikulum  yang ada di Jurusan Keperawatan Prodi D3 Keperawatan dan  kedepan akan dihasilkan lulusan keperawatan yang kompeten sehingga permintaan lulusan akan semakin meningkat .

Leave a Comment

7 − 1 =