Angka kejadian penularan Covid 19 diseluruh Indonesia masih cukup tinggi. Dalam memutus mata rantai penularan covid 19 dibutuhkan persepsi yang sama antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan membuat program dan kebijakan sedangkan masyarakat dituntut peran serta aktif untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan covid 19.

Salah satu bentuk peran serta aktif Poltekkes Palembang dalam gerakan memtus rantai penularan covid 19 adalah Program Pemberdayaan perempuan dengan gerakan membagi 1000 masker ke masyarakat. Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Palembang mengimplementasi gerakan tersebut dengan mengambil lokasi di Pasar 26 Ilir Palembang pada hari Kamis, 27 Agustus 2020. Kaprodi STK Bapak Sukma Wicaturatmashudi, S.KP.M.Kep.Sp.KMB bersama seluruh Dosen dan tenaga kependidikan berjalan kaki dari Kampus menuju Lokasi Pasar 26 Ilir Palembang.

Pembagian masker diprioritaskan pada ibu-ibu pedagang di Pasar 26 Ilir Palembang. Antusias Pedagang untuk mendapatkan masker sangat tinggi. Pembagian masker juga disertai edukasi kepada pedagang untuk memakai masker dengan benar, menjaga jarak sedapat mungkin pada saat berjualan dan rajin mencucui tangan. Edukasi dipimpin langsung Kaprodi dan Ibu Ismar Agustin, S.Kp.M.Kep.

Kegiatan berjalan lancar dan sukses. Para pedagang berharap kegiatan dapat dilaksanakan secara terus menerus mengingat mereka sangat membutuhkan masker tersebut.

(Reported by SW)

Leave a Comment

two × 2 =